Komponen standar isi terdiri dari:
- Kurikulum sudah sesuai dan relevan.
- Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
2. Standar Proses
Komponen standar proses terdiri dari:
- Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar.
- RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat.
- Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik.
- Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan.
Komponen Standar Kompetensi Lulusan terdiri dari:
- Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan.
- Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat.
- Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai.
- Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai.
- Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai.
- Sarana sekolah sudah memadai.
- Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik.
- Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak.
- Rencana kerja sekolah mencantumkan tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasikan dengan baik.
- Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar.
- Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid.
- Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan.
- Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah.
Komponen Standar Pembiayaan terdiri dari:
- Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar.
- Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya.
- Sekolah menjamin kesetaraan akses.
Komponen Standar Penilaian Pendidikan terdiri dari:
- Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.
- Penilaian berdampak pada proses belajar.
- Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka.
No comments:
Post a Comment